Rabu, 03 Desember 2008

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KONSUMSI TABLET Fe PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS PLAJU PALEMBANG TAHUN 2006

Sari Yuniar*, Esti Budi Rahayu**, Sri Susanti**
 
*    Alumnus PSIK FK Universitas Sriwijaya Palembang
** RS dr. Mohammad Hoesin Palembang
 
 

ABSTRAK

 

       Salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat adalah angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2003, angka kematian ibu 344 per 100.000 kelahiran hidup. Penyebab utama kematian ibu salah satunya adalah perdarahan yang akan diperberat apabila ibu hamil menderita anemia. Program Pemerintah dalam mengatasi anemia defisiensi besi adalah dengan pemberian peroral preparat besi (sulfasferosus) dalam bentuk tablet Fe yang diberikan pada saat mereka memeriksakan kehamilan di puskesmas. Peneliti tertarik untuk mengambil penelitian tentang konsumsi tablet Fe pada ibu hamil karena suplementasi tablet Fe merupakan upaya dalam mencegah dan menanggulangi anemia pada ibu hamil. Mengkonsumsi tablet Fe merupakan perilaku ibu hamil selama kehamilannya sebagai salah satu upaya dalam menjaga kesehatannya. Dengan mengadopsi teori Bloom (1908) yang merupakan teori yang telah dimodifikasi untuk pengukuran hasil pendidikan kesehatan maka peneliti mengambil variabel independen yaitu pengetahuan dan sikap serta varibel dependen yaitu konsumsi tablet Fe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan konsumsi tablet Fe pada ibu hamil di Puskesmas Plaju tahun 2006. Desain penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan Cross Sectionol. Penelitian ini dilakukan pada minggu ke-4 bulan Mei sampai minggu ke-4 bulan Juni 2006 di Puskesmas Plaju Palembang. Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu hamil yang berkunjung ke Puskesmas Plaju dan sampel penelitian adalah ibu hamil trimester III yang berjumlah 61 ibu hamil dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan pengetahuan dengan konsumsi tablet Fe pada ibu hamil (p. value = 0,00) dan tidak ada hubungan yang bermakna sikap dengan konsumsi tablet Fe pada ibu hamil (p. value = 0,82). Peneliti menyarankan pada petugas pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Antenatal Care dapat lebih meningkatkan penyuluhan kepada ibu hamil tentang pentingnnya konsumsi tablet Fe selama kehamilan.

 

Kata kunci    : Zat besi dalam kehamilan

2 komentar:

Unknown mengatakan...

selamat pagi, saya azharry dari FKUI. saya ingin mengadakan evaluasi program pemberian Fe pada ibu hamil di puskesmas kecamatan pulo gadung jakarta timur. berkenaan dengan itu, kami meminta bantuan untuk mendapatkan kuosioner dari penelitian "HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KONSUMSI TABLET Fe PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS PLAJU PALEMBANG TAHUN 2006" sebagai salah saru referensi kami dalam membuat kuosioner PSP subjek kami. besar harapan kami St. nani dapat membantu kami. terima kasih

monthy lerissa mengatakan...

Assalamualaikum, saya monthy lerissa dari fk trisakti akan mengevaluasi progam pemberian Fe di puskes kecamatan Tebet. Kami meminta bantuan mendapatkan proposal, hasil penelitian, dan questioner penelitian Ibu sebagai referensi penelitian kami. Terimakasih. harap ibu dapat menghubungi saya di Email saya: monthy_lerissa@yahoo.com.
terma kasih .