Minggu, 14 Desember 2008

HIV / AIDS

Dalam rangka memperingati hari AIDS se-dunia, BEM Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya mengadakan Seminar Sehari dengan tema "Lawan Penyakitnya Rawat Penderita". Seminar tersebut dilaksanakan di Gedung Bina Praja Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 14 Desember 2008, pada pukul 08.00 WIB sampai 13.00 WIB.

Seminar tersebut menghadirkan dr. Hj. Mediarty Syahrir, Sp.PD, KHOM dari RS dr.Mohammad Hoesin Palembang/Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya yang menyampaikan All about HIV/AIDS. Sementara pembicara kedua Nurna Ningsih, S.Kp dari PSIK-FK Universitas Sriwijaya menyampaikan materi dari aspek perawatan penderita HIV/AIDS dengan judul Asuhan Keperawatan HIV/AIDS.

Peserta seminar yang berjumlah lebih dari 300 orang dari berbagai Perguruan Tinggi Kesehatan di Kota Palembang, termasuk peserta SMU dibuat surprise oleh Panitia dengan menghadirkan dua orang (ODHA, Orang Dengan HIV Aids) dari Sriwijaya Plus yang menyampaikan Testimoni tentang HIV/AIDS. Pada testimoninya, mereka menyampaikan dua hal penyebab mereka menjadi ODHA adalah, pertama mereka tidak mengetahui bahwa penggunaan jarum suntik dapat menyebabkan HIV/AIDS, kedua kurangnya informasi yang memadai tentang penyebab dan penularan HIV/AIDS. Mereka juga berharap masyarakat memperlakukan mereka sebagai mana masyarakat pada umumnya, dan tidak mengucilkan/diskrimanasikan.
Dengan peringatan ini, mari kita merapatkan barisan dan bersama-sama Lawan HIV/AIDS serta Merawat Penderitanya.

Tidak ada komentar: